Perjalanan Dengan Kereta Api Sembrani dan Bus Agra Mas

Perjalanan saya kali ini adalah ke daerah Bojonegoro, suatu wilayah yang belum pernah saya singgahi di daerah Jawa Timur ini. Untuk berangkatnya saya menggunakan jasa Kereta Api Sembrani. Mengapa saya memilih Kereta Api sebagai transportasi yang saya pilih, karena saat itu ada tiket promo dari PT KAI. PT KAI untuk pertama kalinya mengadakan KAI Travel Fair yang digelar pada 29-30 Juli 2017 di Balai Sidang Hall B Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta. Diskon tiket Kereta Api berbagai tujuan seperti Bandung, Yogyakarta, Malang dan Surabaya ditawarkan hingga 72 persen. Ini sebagai bentuk perhatian PT KAI kepada pelanggan setia Kereta Api. Namun kali ini saya membeli tiketnya melalui aplikasi online.

jasabuspariwisata-perjalanan-dengan-kereta-api-sembrani-dan-bus-agra-mas

Sore itu saya berangkat dari rumah di kawasan Ciganjur Jakarta Selatan jam 16.00 menuju Stasiun Gambir dengan menggunakan TransJakarta. Perjalanan sore termasuk lancar walaupun terjadi kemacetan di Mampang Kuningan dampak proyek pembangunan underpass. Akhirnya saya tiba di Stasiun Gambir jam 17.30. Dengan jeda waktu tunggu yang cukup lama saya isi dengan Sholat Maghrib, makan dan berkeliling Stasiun.

jasabuspariwisata-perjalanan-dengan-kereta-api-sembrani-dan-bus-agra-mas-tiket-sembrani

Waktunya tiba untuk keberangkatan, malam itu Selasa 12 September 2017  jam 19.15 WIB KA Executive Sembrani pun berangkat. Penumpang di gerbong saya saat itu cukup penuh alias bangku terisi semua. Karena kereta ini berangkat agak malam saya merasa penumpang kereta ini banyak yang langsung tidur dengan kenyamanan fasilitas KA Sembrani. Begitupun dengan saya yang biasanya melek dalam perjalanan namun kali ini saya langsung tertidur pulas di dalam rangkaian baru KA Sembarni. Di sepanjang perjalanan KA Sembarni hanya berhenti / singgah di beberapa stasiun seperti : Jakarta Gambir – Cirebon – Tegal – Pekalongan – Semarang Tawang – Cepu – Bojonegoro – Lamongan – Surabaya Pasar Turi.

jasabuspariwisata-perjalanan-dengan-kereta-api-sembrani-dan-bus-agra-mas-dalam-kereta

Sampai di Stasiun Bojonegoro pagi dinihari sekitar jam 04.11 sesuai schedule. Di Stasiun Bojonegoro saya isi dengan sholat Subuh dan beli makanan untuk pengganjal perut sambil menunggu hari agak siang untuk melanjutkan perjalanan menuju terminal Rajekwesi Bojonegoro. Sekitar jam 09.00 pagi saya sudah di terminal Rajekwesi Bojonegoro dan langsung koordinasi tiket dengan agen Bus Agra Mas yang sudah saya pesan seminggu sebelumnya via telepon dan whatsapp. Alhamdulillah agen Bus Agra Mas sangat baik dan kooperatif, tiket bus Agra Mas tujuan Lebak Bulus Jakarta untuk keberangkatan siang itu sudah ditangan. ( Baca juga : Bus Pariwisata Agra Icon – Sewa Bus Pariwisata Agra Icon )

jasabuspariwisata-perjalanan-dengan-kereta-api-sembrani-dan-bus-agra-mas-agen

Sambil menunggu keberangkatan saya mandi di toilet umum terminal Rajekwesi. Luar biasa toilet di terminal Rajekwesi menurut saya baik, dengan kebersihannya dan air yg bagus serta gratis. Jarang – jarang ada toilet di dalam terminal bus dengan kondisi yang sangat baik dan gratis. Suatu point tersendiri untuk keberadaan terminal Rajekwesi Bojonegoro. Terminal yang besar, rapi dan bersih.

jasabuspariwisata-perjalanan-dengan-kereta-api-sembrani-dan-bus-agra-mas-toilet

Sekitar jam 12.00 saya dipanggil oleh agen Agra Mas Bojonegoro untuk segera menaiki Bus Agra Mas yang akan segera diberangkatkan. Saat itu ada 2 bus Agra Mas, saat keluar terminal bus Agra Mas terpecah 2 jalur ada yang belok kiri lewat Ponco – Jatirogo – Bangilan – Lasem -Kudus dan ada yang belok ke kanan lewat Cepu – Blora – Pati – Kudus. Petualangan perjalanan dengan bus Agra Mas kali ini dimulai, saya naik bus Agra Mas BM 092  melewati Jatirogo – Bangilan. Untuk pertama kalinya saya melintasi wilayah ini, siang itu terasa sangat panas mungkin karena musim kemarau. Di sepanjang jalan yang saya lihat hanya hutan – hutan pohon jati. Di Bangilan saya pindah bus ke Agra Mas BM 084 tujuan Lebak Bulus.

jasabuspariwisata-perjalanan-dengan-kereta-api-sembrani-dan-bus-agra-mas-tiket

Bahagia rasanya bisa menjelajah suatu daerah dengan bus bagus dan fasilitas bagus seperti bus Agra Mas ini. Apalagi armada yang digunakan untuk tujuan daerah Muriaan busnya baru – baru tahun 2017 dengan fasilitas bantal dan selimut bedcover. Menjelajah mengenal kota / daerah baru seperti makanan, oleh – oleh dan perekonomiannya menambah kearifan kita akan Indonesia. Alhamdulillah perjalanan ke Jakarta aman dan selamat walaupun ada kemacetan di Demak. Kamis pagi jam 06.00 14 September 2017 saya sudah tiba di rumah. Akhirnya Perjalanan Dengan Kereta Api Sembrani dan Bus Agra Mas kali ini pun selesai.

( Baca disini sebelumnya : Touring Naik Bus Gunung Harta, Indonesia, Nusantara dan Ramayana )

See U next in my trip…

jasabuspariwisata-perjalanan-dengan-kereta-api-sembrani-dan-bus-agra-mas-bojonegoro