Touring Naik Bus Gunung Harta, Indonesia, Nusantara dan Ramayana

Karena ada berbagai keperluan akhirnya saya putuskan mendadak pada hari Rabu, 3 Juni 2015 untuk berangkat ke beberapa kota. Jam 12.00 WIB siang saya langsung menghubungi agen bus Gunung Harta di Pasar Rebo menanyakan untuk tiket jurusan Surabaya hari itu juga. Alhamdulillah masih ada tiket tersedia dengan jadwal keberangkatan jam 14.00 WIB. Akhirnya saya langsung bergegas untuk berangkat menuju pool di Pasar Rebo. Saya sampai di lokasi jam 13.00 WIB dan langsung mengambil tiket dengan no seat 2B seharga Rp 280.000,00. Akhirnya tepat jam 14.30 WIB bis yang saya tumpangi berangkat juga dengan karoseri Adiputro Jetbus mesin Mercedez Benz Air Suspension. Kami pun langsung masul tol JORR yang berada tepat didepan pool Bus Gunung Harta, Pasar Rebo.

jasabuspariwisata-tiket-bus-gunung-harta

Bismillah…,perjalanan pun dimulai dan snack mulai dibagikan. Bis langsung memulai perjalanan tanpa mampir ke agen lagi hingga akhirnya di rest area KM 19 kami melakukan kontrol/checker dan isi solar. Selepas rest area KM 19 perjalanan dimulai kembali hingga sampai untuk beristirahat makan (prasmanan/service makan) di RM Taman Sari Pamanukan jam 17.00 WIB. Disana kami bergabung dengan PO Bus Agra Mas, Harapan Jaya, Sindoro Satriamas, Safari Dharma Raya dan bus lainnya. Selesai istirahat makan kamipun melanjutkan perjalanan kembali jam 17.30 WIB. Alhamdulillah perjalanan lancar hingga akhirnya kami beristirahat untuk yang kedua kalinya di RM Taman Sari Tuban jam 04.00 WIB. Disini kami bergabung dengan PO Bus Pahala Kencana, Lorena dan Malino Putra. Istirahat kali ini lumayan lama sekitar 1 jam hingga jam 05.00 WIB kami melanjutkan perjalanan kembali, dan kami mendapat snack lagi. Setelah perjalanan selama 2 jam dari Tuban kami pun sampai di Surabaya dan masuk terminal Bungurasih jam 07.00WIB. Ini untuk pertama kalinya saya menginjakkan kaki di kota Surabaya.

Setelah urusan saya selesai, malam harinya saya melanjutkan perjalanan ke kota Kudus. Sampai di terminal Bungurasih sekitar jam 21.00 WIB. Kebetulan saat itu bus Indonesia jurusan Surabaya – Semarang sudah standby dan saya pun bergegas naik dan dapat seat no 7. Bis berangkat jam 21.30 WIB dengan tarif Rp 90.000,00 untuk tujuan Kudus plus service makan. Saat itu kondisi saya lelah sekali dan saya hanya bisa beristirahat total untuk tidur di bus. Saat bis beristirahat makan pun saya malas sekali untuk turun dan makan, saya tetap tidur di dalam bus. Otomatis sepanjang perjalanan saya tidur dengan pulas. Baru ketika di kota Pati saya terbangun karena tidak lama lagi akan sampai di Kudus. Saya pun mendarat di alun-alun Simpang Tujuh Kudus jam 03.45 WIB. Sambil menunggu waktu Subuh, saya beristirahat dan makan di angkringan depan kantor Bupati Kudus. Selesai sholat Subuh di Masjid Agung Kudus saya langsung menuju makam alm. bapak saya untuk nyekar dengan naik becak.

jasabuspariwisata-tiket-bus-indonesia

Selesai nyekar saya langsung saya bergegas ke pool Nusantara di jalan Getas Pejaten untuk berangkat ke Yogya. Sampai disana jam 06.40 WIB alhamdulillah masih ada bis untuk keberangkatan pagi terakhir yang berangkat jam 07.00 WIB. Dengan harga tiket Rp 60.000,00 saya pun naik Nusantara ke Yogya dengan seat no 29. Seperti biasa bus selalu masuk terminal Terboyo dan di agen Banyumanik untuk mengetem sebentar. Selama di perjalanan menuju Yogya kali ini agak lama karena ada beberapa titik macet dan perbaikan jalan di Magelang. Sampai terminal Jombor jam 12.00 WIB, saya langsung naik Trans Jogja yang kali ini tarifnya Rp 3.600,00 menuju Malioboro dengan kode Bus 2A. Sesampainya di Malioboro saya langsung mencari hotel untuk menginap semalam.

jasabuspariwisata-tiket-bus-nusantara

Setelah menginap semalam di Yogya saya melanjutkan perjalanan pulang ke Jakarta. Kali ini pilihan saya adalah naik Bus Ramayana seri F3 dari Jombor dengan agen mbak Sri. Ada alasan tersendiri mengapa saya memilih seri F3, karena saya mencari bus yang lewat pantura dan  Semarang. Karena untuk bus dari Jombor ke Jakarta mayoritas lewat Temanggung dan jalur selatan via Kebumen. Sampai di terminal Jombor agak telat jam 14.45 WIB, kebetulan bis Ramayana biasanya berangkat jam 15.00 WIB. Saya langsung membeli tiket bus Ramayana seri F3 no seat 13 dengan harga Rp 165.000,00 tujuan akhir terminal Pinang Ranti. Perjalanan kali ini agak terhambat karena dalam perjalanan dari Yogya ke Semarang ada beberapa titik kemacetan hingga sampai tempat istirahat makan di RM Gerbang Elok Gringsing jam 21.00 WIB yang biasanya sampai jam 19.00 WIB. Disini tidak mendapat service makan kecuali kelas yg eksekutif. Jam 21.30 kami melanjutkan perjalanan kembali hingga finish di Pinang Ranti jam 05.30 WIB. Alhamdulillah akhirnya perjalanan touring saya selesai dengan PO Bus Gunung Harta, Indonesia, Nusantara dan Ramayana.