Naik Kereta Api Bima dan Kereta Api Argo Bromo Anggrek ke Surabaya

Naik Kereta Api Bima dan Kereta Api Argo Bromo Anggrek ke Surabaya suatu perjalanan baru yang saya alami. Mumpung sedang ada tiket promo dari KAI saya melakukan reservasi online via Traveloka 2 bulan sebelum keberangkatan. Dengan keberangkatan dari stasiun Gambir Jakarta tanggal 02 Oktober 2017 tujuan stasiun Gubeng Surabaya dan kepulangan tanggal 03 Oktober 2017 dari stasiun Pasar Turi Surabaya tujuan stasiun Gambir. Boleh dibilang perjalanan kali ini ke Surabaya pulang pergi selama 24 jam. Asik bukan…hehehehe…

jasabuspariwisata-naik-kereta-api-bima-dan-kereta-api-argo-bromo-anggrek-ke-surabaya-halte-gambir-2

Senin, 02 Oktober 2017 jam 14.00 saya berangkat dari rumah menuju stasiun Gambir. Seperti biasa saya menggunakan transportasi umum TransJakarta dari halte Pertanian Ragunan. Walaupun sebenarnya untuk menuju stasiun Gambir saya bisa naik bus Kopaja P20 dari Cilandak Trakindo langsung turun di depan stasiun, tapi saya lebih memilih Transportasi TransJakarta sebagai sarana transportasi umum yang murah dan nyaman. Dari halte Pertanian Ragunan naik TransJakarta tujuan Monas. Dari halte Monas nyambung TransJakarta kearah Senen/Pulo Gadung dan turun di halte Gambir II jam 15.20.

jasabuspariwisata-naik-kereta-api-bima-dan-kereta-api-argo-bromo-anggrek-ke-surabaya-promo

jasabuspariwisata-naik-kereta-api-bima-dan-kereta-api-argo-bromo-anggrek-ke-surabaya-es-teler-77

Sesampainya di stasiun Gambir saya langsung menuju ke outlet Es Teler 77, karena hari ini 02 Oktober adalah Hari Batik Nasional dan pihak Es Teler 77 mengadakan promo “Beli Es Teler Gratis Mie Ayam”. Namun ada syaratnya loh…promo berlaku bagi pengunjung yang menggunakan batik saja. Karena memang sudah niat banget ingin ikut promo ini, dari rumah saya pakai baju batik. Benar saja saya langsung memesan Es Teler seharga Rp 30.000,00-an dapat free Mie Ayam. Alhamdulillah lumayan bisa isi perut untuk persiapan perjalanan ke Surabaya.

jasabuspariwisata-naik-kereta-api-bima-dan-kereta-api-argo-bromo-anggrek-ke-surabaya-batik

Setelah puas makan di Es Teler 77 saya langsung bergegas untuk boarding tiket KA Bima jam 16.05. Melewati pemeriksaan tiket kereta api dan kartu pengenal, menuju Musholla yang berada di lantai atas. Lanjut saya langsung menuju gerbong Kereta Api Executive Bima. Penumpang di dalam KA Bima waktu itu tidak terlalu padat, terlihat masih banyaknya bangku yang kosong. Bahkan saya pun duduk sendiri dari awal berangkat di stasiun Gambir hingga sampai di stasiun Gubeng. Nyaman sekali perjalanan naik kereta api kali ini, bisa leluasa bangku 2 saya gunakan sendiri.

jasabuspariwisata-naik-kereta-api-bima-dan-kereta-api-argo-bromo-anggrek-ke-surabaya-interior

jasabuspariwisata-naik-kereta-api-bima-dan-kereta-api-argo-bromo-anggrek-ke-surabaya-bima

Merasa sangat happy dan puas dengan perjalanan kali ini, hampir sepanjang perjalanan saya gunakan untuk tidur. Sampai di stasiun Gubeng Surabaya jam 05.45 melenceng sedikit dari waktu yang diperkirakan. Saya langsung turun dari kereta, karena harus segera ke stasiun Pasar Turi untuk naik Kereta Api Argo Bromo Anggrek keberangkatan jam 08.00. Karena ini untuk pertama kalinya saya ke stasiun Gubeng dan belum begitu mengenal kota Surabaya, saya bertanya ke security di stasiun cara untuk menuju stasiun Pasar Turi. Karena saya ingin menggunakan jasa Gojek maka disarankan untuk menunggu Gojek di depan Hotel Sahid samping stasiun Gubeng.

Suatu informasi yang sangat berharga buat saya, saya pun langsung keluar stasiun belok kiri menuju depan Hotel Sahid kira – kira 5 menit jalan kaki. Sampai di lokasi saya langsung memesan online, tertera tarif untuk pagi itu sebesar Rp 7.000,00 menuju stasiun Pasar Turi. Tidak lama menunggu driver Gojek pun datang. Asik juga pagi – pagi saat aktivitas kerja baru dimulai naik motor ojek menyusuri kota Surabaya yang tidak semacet di Jakarta. Pengalaman seru dan baru diselingi obrolan dengan driver ojek yang ramah.

jasabuspariwisata-naik-kereta-api-bima-dan-kereta-api-argo-bromo-anggrek-ke-surabaya-pasar-turi-2

Setelah menempuh perjalanan sekitar 10 menit akhirnya sampai juga di stasiun Pasar Turi jam 06.30. Sebelum memasuki stasiun saya sarapan dulu di warung sekitar stasiun. Sarapan kali ini saya pilih nasi pecel, maklum perut harus diisi nasi biar maag engga kambuh. Selesai makan saya mencari pesanan untuk teman saya Bang Beye, beliau minta dibawakan Roti Maryam di stasiun Pasar Turi. Tapi saya sudah keliling stasiun, toko Roti yang dimaksud tidak ada.

jasabuspariwisata-naik-kereta-api-bima-dan-kereta-api-argo-bromo-anggrek-ke-surabaya-anggrek

Jam 07.00 ruang tunggu untuk kelas Executive dibuka, saya langsung masuk dan ke toilet. Disini saya membersihkan badan saya dan sikat gigi, malu juga kalau terlihat kucel oleh penumpang lain di KA Argo Bromo Anggrek hehehe….Jam 07.30 boarding pass dibuka saya langsung menuju kereta untuk istirahat. Rangkaian Kereta Api yang digunakan agak lama tidak sebaru Rangkaian Kereta Api Bima pada saat berangkat. Penumpang di gerbong saya kali ini juga tidak terlalu padat, saya pun duduk sendiri dari awal berangkat di stasiun Pasar Turi hingga sampai di stasiun Gambir.

jasabuspariwisata-naik-kereta-api-bima-dan-kereta-api-argo-bromo-anggrek-ke-surabaya-boarding

Pengalaman baru naik Kereta Api jarak jauh di siang hari, bisa melihat secara jelas kota – kota yang dilalui. Kereta ini termasuk kereta api cepat karena menempuh perjalanan sekitar 9 jam dan hanya berhenti di beberapa stasiun saja seperti : Semarang – Pekalongan – Cirebon – Gambir. Saat berangkat dari Surabaya hingga Pekalongan cuaca tampak panas, namun memasuki kota Tegal mulai mendung. hingga akhirnya di daerah Cikampek hujan deras. Akhirnya perjalanan saya berakhir di stasiun Gambir jam 17.20 agak telat dari perkiraan jam 17.00. Saat itu stasiun Gambir pun diguyur hujan. ( Baca juga : Perjalanan Dengan Kereta Api Sembrani dan Bus Agra Mas )