Shuttle Bus Penghubung Prambanan-Kaliurang

jasabuspariwisata-shuttle-bus-penghubung-prambanan-kaliurang

jasabuspariwisata-shuttle-bus-penghubung-prambanan-kaliurang

“Shuttle bus pariwisata” yang menjadi penghubung antara objek wisata Candi Prambanan dan wisata alam Kaliurang di lereng Gunung Merapi segera diluncurkan Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Sudarningsih, di Sleman, mengatakan “Layanan ‘shuttle bus’ ini gratis pada Sabtu dan Minggu. Saat ini memang masih diprioritaskan untuk wisatawan mancanegara.”

Diharapkan “shuttle bus pariwisata” tersebut dapat diluncurkan dan mulai beroperasi pada akhir 2017. “Mudah-mudahan tahun ini kajian sudah selesai. Selain turis asing, wisatawan domestik juga bisa diangkut. Nantinya akan melewati desa-desa wisata,” katanya.

Selain melayani rute Prambanan-Kaliurang, juga akan ada pengadaan “shuttle bus” khusus melayani dititik objek wisata lainnya. Terutama di Kecamatan Berbah, yang objeknya sulit terjangkau transportasi umum. Seperti objek wisata Candi Kedulan, Candi Gebang, Candi Abang, dan Lava Bantal,” katanya.

Untuk pariwisata di Kecamatan Prambanan, sejauh ini sudah terakomodasi dengan transportasi khusus yang digagas oleh masyarakat setempat. “Candi Barong, Taman Breksi, Candi Ijo, sudah ada jip wisata yang dikelola masyarakat setempat,” katanya.

Pusat Studi Transportasi dan Logistik (Pustral) UGM dan Dinas Perhubungan DIY menjadi salah satu beberapa instansi dan akademisi yang dilibatkan dalam kajian “shuttle bus” khusus wisata ini.

“Sistem transportasi untuk pariwisata memang dibutuhkan. Apalagi dengan dibangunnya bandara baru, New Yogyakarta International Airport (NYIA). Sleman dan pusat kota Yogyakarta perlu ada layanan transportasi yang mudah dan cepat.” kata Sekretaris Pustral UGM Dewanti.

( Baca juga: Pemprov NTB Segera Membuat Perda Atur Taksi Online )

Sumber: republika.co.id

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + nineteen =