Perjalanan ke Malang Dengan Kereta Api Bima dan Bus Gunung Harta

Melakukan suatu perjalanan merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan. Karena menyenangkan tersebut membuat kualitas hidup kita semakin baik. Seperti halnya yang saya lakukan minggu lalu tanggal 17-18 Oktober 2017 melakukan Perjalanan ke Malang Dengan Kereta Api Bima dan Bus Gunung Harta.

jasabuspariwisata-perjalanan-ke-malang-dengan-kereta-api-bima-dan-bus-gunung-harta-halte-gambir

Untuk keberangkatan dari Jakarta saya menggunakan akomodasi transportasi Kereta Api Executive Bima, tiketnya saya beli melalui aplikasi Traveloka dimana saat itu PT KAI sedang melakukan promo. Lumayan dengan harga tiket promo seharga Rp 150.000,00 bisa naik Kereta Api Executive dengan rute terjauh tujuan Malang.

jasabuspariwisata-perjalanan-ke-malang-dengan-kereta-api-bima-dan-bus-gunung-harta-bakso-malang-oasis

Seperti biasa siang Senin, 17 Oktober 2017 jam 14.00 saya memulai perjalanan dari rumah menuju stasiun Gambir. Dari rumah di kawasan Ciganjur saya naik mikrolet M20 ke lampu merah / halte TransJakarta Pertanian Ragunan. Dengan kartu E-money yang saya miliki, saya memasuki halte dengan cara tab kartu E-money tersebut. Saya naik TransJakarta Ragunan – Monas via Semanggi yang saat itu lumayan kosong sehingga saya bisa leluasa memilih bangku. Sampai di halte Monas saya transit untuk melanjutkan naik TransJakarta tujuan Senen / Pulo Gadung dan turun di halte Gambir II. Sebenarnya cukup dekat dari Monas ke stasiun Gambir hanya diselingi oleh halte Balaikota. Karena perjalanan agak macet, saya baru sampai di halte Gambir II jam 15.45.

jasabuspariwisata-perjalanan-ke-malang-dengan-kereta-api-bima-dan-bus-gunung-harta-tiket

Sesampainya di stasiun Gambir saya langsung makan Bakso Malang Oasis untuk mengisi perut. Saya memesan Bakso yang isinya rasa pedas, menu favorit disini. Karena waktunya terlalu mepet selesai makan Bakso Malang Oasis saya langsung mencetak tiket dan boarding. Dari gerbong KA Bima saya melihat ke bawah area parkir ada Bus Pariwisata One Bus dan Bus Pariwisata RJB. Jam 16.20 saya langsung naik KA Bima yang akan berangkat jam 16.30. Alhamdulilah dari stasiun Gambir saya duduk sendiri sehingga merasa lega sebelum akhirnya bangku sebelah diisi oleh penumpang dari stasiun Purwokerto. Selepas stasiun Sumpiuh saya tidur karena sudah larut malam dan lampu di kereta juga dimatikan.

jasabuspariwisata-perjalanan-ke-malang-dengan-kereta-api-bima-dan-bus-gunung-harta-interior-kereta

Sampai stasiun Yogyakarta saya terbangun karena disini KA Bima berhenti cukup lama. Setelah berangkat saya lanjut tidur lagi sampai terbangun lagi di stasiun Mojokerto sekitar jam 05.00 pagi. Karena pagi itu sudah agak terang saya menikmati pemandangan daerah  Mojokerto – Sidoarjo – hingga akhirnya sampai di stasiun Gubeng Surabaya jam 05.40. Disini KA Bima berhenti cukup lama karena menunggu penumpang dari Surabaya yang ingin melakukan perjalanan ke Malang. Disini juga kami memutar arah kursi KA Bima sesuai instruksi crew.

jasabuspariwisata-perjalanan-ke-malang-dengan-kereta-api-bima-dan-bus-gunung-harta-kereta-bima

Jam 06.20 KA Bima diberangkatkan menuju Malang. Asik juga melihat aktifitas pagi hari masyarakat di Surabaya – Sidoarjo menyusuri rel kereta melewati terminal Purabaya Bungurasih. Setelah melewati stasiun Bangil Pasuruan pemandangan alam disini banyak dijumpai pohon mangga dan jagung. Di sebelah kanan terlihat gunung Arjuna yang diselimuti awan, wow…cantik sekali. Hingga akhirnya perjalanan dengan Kereta Api Bima berakhir di stasiun Malang jam 08.18.

jasabuspariwisata-perjalanan-ke-malang-dengan-kereta-api-bima-dan-bus-gunung-harta-stasiun-malang

Pagi itu cuaca di kota Malang begitu sejuk karena mendung. Sebelum keluar stasiun Malang saya makan dulu di dalam stasiun. Kebetulan ada warung nasi yang merakyat, saya pun memesan nasi pecel dan teh hangat. Di depan warung nasi ada spot untuk foto selfie bagi Anda yang ingin mendokumentasikan saat berada di Malang. Saya pun keluar stasiun Malang dengan berjalan kali menuju taman Balaikota. Sejuk banget dan rapih kota Malang ini, saya pun melanjutkan perjalanan ke kantor PO Bus Gunung Harta yang berada di Jl. Pattimura tidak jauh dari Balaikota.

jasabuspariwisata-perjalanan-ke-malang-dengan-kereta-api-bima-dan-bus-gunung-harta-balaikota

Ternyata tidak sulit mencari alamat kantor Bus Gunung Harta dengan bantuan google maps. Disini saya memastikan tiket saya untuk keberangkatan siang ini ke Jakarta tepatnya Kampung Rambutan. Saya juga menyempatkan mandi disini. Selesai mandi saya pergi jalan – jalan di sekitar kantor Bus Gunung Harta Jl. Pattimura. Di sebelah kiri ada tempat kuliner Bromo Pojok yang saat itu cukup ramai dikunjungi. Tidak jauh dari perempatan lampu merah, saya membeli makanan di toko kue Pasar Klojen. Di sekitar sini juga terdapat beberapa agen Bus AKAP dengan tujuan ke Jakarta dan Bali.

jasabuspariwisata-perjalanan-ke-malang-dengan-kereta-api-bima-dan-bus-gunung-harta-pasar-klojen

Jam 11.15 saya kembali ke kantor Bus Gunung Harta di Jl. Pattimura karena bus yang akan saya naiki rencananya berangkat jam 12.00. Jam 11.45 kami sebagai penumpang dipersilahkan untuk menaiki bus. Siang itu Bus Gunung Harta yang saya naiki adalah bus Mercedes Benz OC 500 RF 2542. Bus AKAP yang sangat mewah dan elegan dengan sasis yang lebih panjang dari bus biasa. Akhirnya tepat jam 12.00 bus pun berangkat menuju terminal Malang Arjosari.

jasabuspariwisata-perjalanan-ke-malang-dengan-kereta-api-bima-dan-bus-gunung-harta-kantor

Saat baru berangkat dari kantor Jl. Pattimura, penumpang di bus kurang dari 10 orang. Sesampainya di terminal Arjosari ada penambahan penumpang. Bus ngetem lumayan lama sekitar 30 menit, ditemani oleh beberapa PO Bus lain seperti Lorena dan Pahala Kencana. Nampak bus terbaru milik Lorena yaitu Bus SDD / Bus Tingkat yang sangat mewah. Saat itu juga ada beberapa orang yang melakukan foto – foto bus atau yang lebih dikenal dengan Bismania.

jasabuspariwisata-perjalanan-ke-malang-dengan-kereta-api-bima-dan-bus-gunung-harta-arjosari

Tepat jam 12.50 bus kami pun berangkat meninggalkan terminal Arjosari. Para penumpang mulai dibagikan snack dari Bus Gunung Harta. Pengalaman pertama melakukan perjalanan dari kota Malang dengan menggunakan bus AKAP. Sambil melihat pemandangan di sepanjang jalur Malang – Surabaya agar lebih mengenal kearifan budaya dan sosial warga lokal. Masuk terminal Bungurasih jam 14.40 dan hanya mengambil 1 penumpang dan jalan lagi. Baru memasuki tol sudah terjadi kemacetan dan yang paling parah saat akan keluar pintu tol Kebon Mas Gresik. Saat itu setelah hujan terjadi kemacetan parah hingga bus Gunung Harta yang kami naiki sampai terminal Bunder Gresik jam 16.15.

Selepas kota Gresik joss Bus dipacu dengan kecepatan tinggi melintasi kota Lamongan – Tuban. Sepanjan jalan ini didominasi oleh kendaraan truk besar. Setelah kota Tuban kami beristirahat di RM Taman Sari Tuban dari jam 18.25-19.10. Menu makan prasmanan yang disajikan untuk penumpang Bus Gunung Harta sangat istimewa dan nikmat. Baru kali ini saya makan enak , hal itu juga diungkapkan oleh penumpang disamping saya yang bilang bahwa makanannya enak.

jasabuspariwisata-perjalanan-ke-malang-dengan-kereta-api-bima-dan-bus-gunung-harta-saya

Setelah kenyang kamipun melanjutkan perjalanan melintasi kota Rembang – Pati – Kudus – Demak – Semarang – Kendal. Saya pun tertidur hingga terbangun saat bus Gunung Harta melakukan kontrol di RM Sari Rasa Gringsing jam 00.42-00.44. Tidak lama dari situ bus kami mengisi solar di SPBU Plelen Gringsing dari jam 01.00-01.40. Waktu yang cukup lama untuk beristirahat, karena fasilitas di SPBU ini sangat baik, ada musholla, toilet luas, area parkir, minimarket Indomaraet dan diseberang ada angkringan nasi kucing yang menjadi tempat idola para crew Bus Gunung Harta.

jasabuspariwisata-perjalanan-ke-malang-dengan-kereta-api-bima-dan-bus-gunung-harta-spbu

Saat itu ada 3 unit Bus Gunung Harta, kami pun kembali melanjutkan perjalanan. Suasana jalan disitu agak sepi karena jalan ini biasanya ramai sebelum jam 23.00. Sayapun tertidur pulas sehingga tidak melihat keadaan sepanjang jalan Batang – Pekalongan – Pemalang – Tegal – Tol Brexit – Tol Cipali. Namun menjelang tol Cikampek, tepatnya di rest area KM 101 bus kami kembali berhenti untuk istirahat dari jam 05.45-06.10. Perjalanan kembali di lanjutkan, seperti biasa jika sudah memasuki area Cikarang perjalanan agak tersendat. Dan yang cukup parah terjadi kemacetan di Tol JORR area Jatiwarna menuju Kampung Rambutan. Sampai di terminal Kampung Rambutan tepat jam 07.45. Sayapun langsung bergegas menuju halte Busway untuk melanjutkan perjalanan pulang ke rumah. Alhamdulillah akhirnya selesai juga Perjalanan ke Malang Dengan Kereta Api Bima dan Bus Gunung Harta dengan sehat dan selamat.

( Baca juga : Naik Kereta Api Bima dan Kereta Api Argo Bromo Anggrek ke Surabaya )