Jumlah Pelancong Melonjak, Bus Pariwisata Bahagia

jasabuspariwisata-jumlah-pelancong-melonjak-bus-pariwisata-bahagia

jasabuspariwisata-jumlah-pelancong-melonjak-bus-pariwisata-bahagia

Geliat bisnis pariwisata yang tengah naik daun membuat senang para pebisnis transportasi khususnya transportasi pariwisata. Salah satunya pengelola armada Bus Pariwisata White Horse yaitu PT Weha Transportasi Indonesia Tbk.

Direktur Utama Weha Transportasi Indonesia, Angreta Chandra mengatakan, pihaknya tidak menyangka apabila pengguna bus pariwisata pada tahun ini melonjak dari tahun sebelumnya. Beliau juga menyebutkan beberapa destinasi tujuan wisata yang jadi langganan perusahaan ini, seperti Jakarta, Pangandaran, Cirebon hingga Lampung. “Pertumbuhan pesat agen travel dan transportasi bus jadi salah satu penunjang kegiatan bisnis wisata,” katanya kepada KONTAN, Senin (30/10/2017).

Sayangnya beliau tidak merinci pertumbuhan bisnis dari industri transportasi pariwisata tersebut, tapi pihaknya akan terus ekspansi bisnis berdasarkan hasil tersebut. Saat ini masih dalam tahap pembicaraan akan menggandeng platform online yang sampai saat ini identitasnya belum bisa disebutkan dalam waktu dekat, yakni bulan November nanti.

Yang pasti layanan online ini akan menjadi salah satu fitur teranyar White Horse untuk bisa lebih  menjangkau pasar. Ekspansi bisnis lainnya yang tidak ketinggalan adalah penambahan jumlah armada. Rencana White Horse akan menambah sebanyak 40 unit bus pariwisata. Sudah ada 29 unit bus baru hingga September kemarin, berarti sampai akhir tahun ini masih tersisa 11 unit bus baru lagi.

Memperluas layanan pemesanan bus via Online adalah rencana lain yang sudah masuk agenda dan baru beroperasi pada bulan September 2017 ini di sekitar Jakarta. Rencananya sampai di akhir tahun ini akan diperluas hingga ke Bali dan diharapkan sudah bisa berjalan di Yogyakarta pada kuartal pertama tahun 2018.

Pastinya ekspansi perusahaan dapat terjadi lantaran kinerja perusahaan ini di kuartal III cukup menjanjikan. Hal ini terlihat dari laba perusahaan ini di periode tersebut melonjak hampir lima kali lipat menjadi Rp 72 miliar dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang merugi Rp 19 miliar. Namun sayang, manajemen emiten berkode WEHA ini tidak merinci pendapatan perusahaan.

Angreta Chandra memproyeksikn kinerja di kuartal terakhir tahun ini bakal lebih baik dari kuartal sebelumnya, namun tidak merinci target bisnis dari salah satu anak usaha Grup Panorama ini. ( Baca juga: Bus Pariwisata White Horse – Sewa Bus Pariwisata White Horse )

jasabuspariwisata-jumlah-pelancong-melonjak-bus-pariwisata-bahagia-big-bird

jasabuspariwisata-jumlah-pelancong-melonjak-bus-pariwisata-bahagia-big-bird

Serupa dengan pihak White Horse, PT Blue Bird Tbk juga mengatakan besarnya sektor pariwisata turut berdampak ke Blue Bird yang mengelola bisnis transportasi bus Big Bird. Michael Tene, Head of Investor Relation PT Blue Bird Tbk mengatakan kepada,”Kontribusi pendapatan Big Bird naik di kuartal ketiga, namun tidak bisa dijabarkan angkanya,”

Michael Tene tidak merinci masalah besarnya kontribusi Big Bird bagi pendapatan bisnis Blue Bird di periode tersebut. Jika dari kinerja perusahaan transportasi Blue Bird di kuartal III tahun ini, maka pendapatan dari sewa kendaraan (termasuk bagian dari Big Bird) malahan turun 6,1% dari Rp 611,39 miliar ke Rp 578,7 miliar. Namun manajemen Blue Bird tetap optimistis bila bisnis armada Big Bird bakal terus melaju sampai akhir tahun ini karena pihaknya bakal mengoptimalkan bisnis pariwisata lewat armada tersebut.

Blue Bird akan menambah paket wisata yang menggunakan armada Big Bird namun tidak merinci paket wisata tersebut dan waktu persis tambahan paket tersebut. Hingga saat ini paket wisata Big Bird sudah menjangkau Bandung, Cirebon, Jungleland hingga Yogyakarta. Sementara jumlah armada Big Bird sudah lebih dari 500 bus dan armada taksi mencapai 24.000 unit lebih.

( Baca juga: Bus Pariwisata Big Bird – Sewa Bus Pariwisata Big Bird )

Sumber: kontan.co.id

 

 

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × two =